-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Bang Pur Gelar Bimtek SNI Untuk Pelaku Pariwisata Jember

Jember, lintasone.com - Bimbingan Teknis (Bimtek)  untuk pelaku usaha terkait SNI 9042:2021  Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Tempat Penyelenggaraan dan Pedukung Kegiatan Pariwisata di gelar oleh H.Mohammad Purnomosidi atau akrab di panggil Bang Pur, anggota Komisi X  DPR RI dari Dapil IV Jember- Lumajang di Meotel,  Senin (7/3/2022).

"Kegiatan ini di gelar untuk membangun standart  kepariwisataan yang benar, yang layak." Terang Bang Pur.

Standart membangun kepariwisataan yang benar, yang layak ini, lanjut Bang Pur, tentang kebersihaan, kesehatan, penjaga lingkungan. Ini seringkali kalah dengan turis datang sebanyak- banyaknya, pedagang sebayak- banyaknya tanpa disiapkan infrastrukturnya, air bersihnya atau pengelohan sampahnya atau  berkomitmen untuk membatasi tempat pariwisata itu boleh dikunjungi lebih- kurang jumlahnya  harus berapa. "Ketentuan ini, menurut saya mulai kita  benahi, kita susun agar aman dan nyaman. Makin banyak orang, keamanan dan kenyamanan tidak akan,  misalnya pengelolaan parkirnya tidak benar,   tempat makan tidak higienis, fasilitas WC nya. Inilah harapan sebenarnya Bimtek pada hari ini. Kita mencoba untuk menstandarisasi kebersihan, kesehatan, keseimbangan lingkungannya agar sesuai dengan standart  ISO  9024 : 2021 sehingga nanti Pariwisata kita dapat dinilai  tidak hanya  dari dalam negeri karena ISO ini sudah standart Internasional." Paparnya.

Kalau penilaian pengunjung atau wisatawan ini bagus kedepannya pasti kita akan lebih mudah menjual  tempat pariwisata kita, baik di domistik maupun internasional."Pemerintah harus memulai tapi kalau tidak ada gayung bersambut tentu harapan itu tidak bisa kita wujudkan." Ungkapnya.

Harapan Bimtek ini, kata Bang Pur, ketika mereka pulang mereka tahu kemudian melakukan perubahan, sikap, perilaku.
"Orang ke tempat pariwisata, makan- minum, ke toilet. Tempat makannya asik, tempat minumnya segar, toiletnya bagus dia akan bilang ke temannya. Tempat itu bagus, bersih, nyaman, itu harapan saya." Pungkasnya.

Terkait Bimtek  SNI 9042 : 2021, Harry Agustriono Kepala Dinas Pariwisata
Jember menyampaikan bahwa SNI terkait keselamatan, kesehatan  dan lingkungan.
"Di Jember, banyak wisata yang berbasis alam. Kita, secara bertahap,  pelan- pelan. Pertama di tempat yang  kami kelola dulu, ada 4 yaitu Rembangan, Patemon, Watu Ulo dan Kebonagung. Nanti kami optimalkan, kami perbaiki masalah kebersihan. Nanti kita atur, ada yang masyarakat terlibat, nanti akan kita rapikan, kita  berdayakan, mereka bagian dari menjaga kebersihan dan keibdahan. Ini secara implementasinya, nanti swcara aturan, kami yang jadi kewajiban." Jelasnya.

Nanti  menjadi contoh, ujar Harry, contoh  bagi destinasi lainnya. Nanti ada audit, mungkin dari privinsi atau dari kementerian."Kami harus taat secara aturan dan mengedukasi tempat  yang lainnya karena mereka bisa meningkatkan wisatawan ke sana harus bisa memberikan  yang baik, bersih , selamat" ungkapnya. Terkait sertifikasi, nanti ikut aturannya. ( herry)

0 Response to "Bang Pur Gelar Bimtek SNI Untuk Pelaku Pariwisata Jember "

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel