-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf Beberkan LKPJ 2021

PASURUAN, lintasone.com - Musibah Pandemi Covid yang berkepanjangan, tidak serta merta membuat sector ekonomi di Kabupaten Pasuruan, mati. Buktinya, sector ekonomi di Kabupaten Pasuruan, masih bisa tumbuh.

Meski pertumbuhan yang terjadi, memang tidak signifikan. Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan hingga 4,34 persen. Jumlah tersebut memang tidak setinggi dengan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jatim.

Di mana, mencapai 7,07 persen. Kondisi tersebut bukan tanpa alasan. Pandemi Covid-19, memicu kontraksi atau minus ekonomi sebesar 2,03 persen pada 2020 lalu. “Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi kita naik meskipun masih di bawah Jawa Timur. Memang,  kita masih dalam tahap pemulihan akibat dampak pandemi yang memukul banyak sektor," ungkap Gus Irsyad, dalam penyampaian Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Pasuruan tahun anggaran 2021, melalui virtual dengan legislative, Senin kemarin (21/3/2023).

Beberapa sector menjadi kontribusi dalam peningkatan ekonomi tersebut. Diantaranya industri pengolahan sebesar 58,97 persen; kemudian kontruksi sebesar 11,94 persen; perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 9,25 persen; pertanian, kehutanan dan perikanan 6,78 persen; serta penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 3,47 persen.

“Ada pula 12 lapangan usaha lainnya yang berkontribusi sampai 9,59 persen. Yang paling banyak memang industri pengolahan sampai lebih dari 50 persen, karena memang jalan terus, permintaan juga banyak," bebernya.

Gus Irsyad menegaskan bahwasanya penyampaian LKPJ merupakan bentuk tanggung jawab Bupati Pasuruan dalam menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah ke DPRD, Pemerintah Pusat dan masyarakat, dan sesuai dengan amanah konstitusi UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang diatur pada Pasal 69 dan 71. 

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan mengapresiasi penyampaian LKPJ tersebut. Selanjutnya, LKPJ tersebut akan dibahas di masing-masing komisi dengan mitra.

“LKPJ tersebut selanjutnya akan dibahas dalam komisi bersama-sama dengan mitra masing-masing komisi,” ulasnya.

Dalam kesempatan itupula, Dion-sapaanya juga mengapresiasi langkah Bupati Pasuruan yang banyak meraih penghargaan. “Selamat atas penghargaan yang diraih Pemkab Pasuruan,” tuturnya.(ADV/Red)

0 Response to "Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf Beberkan LKPJ 2021"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel