-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Dukung Potensi Kearifan Lokal, Pemdes Karuing Dan PT.RMU Bangun Aula Wisata Galugur Talali

Katingan.lintasone.com - Saat ini destinasi wisata yang menjadi tujuan dan tengah menjadi tren bagi para wisatawan adalah konsep wisata yang lebih bersahabat dengan alam serta masyarakatnya.

Untuk mengakomodir tren tersebut Pemerintah Desa (Pemdes) Karuing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, bersama dengan PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) yang bergerak dibidang restorasi hutan tengah mengembangkan potensi Desa Wisata yang mempromosikan keunikan wisata alam liar dan kearifan lokal yang dimiliki oleh desa setempat.

"Guna mewujudkan tujuan tersebut kami dengan PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) melalui program perjanjian kesepakatan kerjasama (PKK) tahun 2021 dan sharing dengan dana desa (DD) membangun Aula Wisata Galugur Talali yang terletak di Sungai Punggu Alas yang merupakan pintu gerbang Taman Nasional Sebangau", kata Sekretaris Desa (Sekdes) Karuing Bambang Hermanto kepada lintasone.com, Senin (7/03/2022).

"Desa Karuing termasuk desa wisata, dilokasi Sungai Punggu Alas tersebut sudah ada bangunan guest house berstandar internasional yang dibangun oleh Badan Restorasi Gambut (BRG), jadi kami juga punya keinginan untuk memiliki fasilitas bangunan sebagai aset desa yang bisa dipergunakan oleh para tamu yang berkunjung dan melaksanakan berbagai kegiatan disana, sistem kelolanya nanti diserahkan kepada kelompok masyarakat Simpul Wisata Desa Karuing", jelas Bambang.

"Tentunya bangunan Aula Wisata Galugur Talali ini akan dapat menjadi sumber pemasukan bagi desa, pihak PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) sangat membantu sekali untuk melengkapi kekurangan dana desa kami yang terbatas", tambahnya.

"Kedepannya, dilokasi muara Sungai Punggu Alas pihak Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Katingan akan membangun jalan titian sepanjang 700 meter yang menuju ke lokasi Aula Wisata untuk mengantisipasi saat musim kemarau karena jalur sungai tidak dapat dilalui", tandas Bambang.

Terpisah, Heru Purwanto Co PMDH PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) Pendamping Desa Karuing, Desa Parupuk dan Desa Jahanjang mengatakan pihaknya selaku pihak ketiga sangat mendukung berbagai kegiatan yang melibatkan warga di desa tersebut.

"Pembangunan Aula Wisata Galugur Talali yang berukuran 8 x 13 meter ini tiang utamanya memanfaatkan kayu limbah yang banyak terdapat disekitar lokasi sungai, dan mampu menampung sekitar 50 orang sekaligus", jelas Heru.

Sebelum pandemi pada tahun 2019 berdasarkan data dari kelompok Simpul Wisata ada sekitar 200 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sungai Punggu Alas Taman Nasional Sebangau namun karena pandemi kunjungan dari wisatawan mancanegara dibatasi.

"Setiap kegiatan wisata ataupun penelitian orangutan dilokasi tersebut selalu melibatkan warga masyarakat Desa Karuing, baik itu sebagai guide tour, sebagai juru masak maupun penyediaan sarana transportasi sungai", tutur Heru.

"Selain membangun Aula Wisata Galugur Talali, dari dana perjanjian kesepakatan kerjasama (PKK) tahun 2021 itu pihak Pemdes Karuing juga mempergunakannya untuk membantu pemberian insentif bagi dua orang guru honorer sekolah dasar dan satu orang tenaga kesehatan serta melakukan pembersihan sarana prasarana olahraga yaitu lapangan sepakbola", pungkas Heru.(Tomi).

0 Response to "Dukung Potensi Kearifan Lokal, Pemdes Karuing Dan PT.RMU Bangun Aula Wisata Galugur Talali"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel