-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

PT.Rimba Makmur Utama Berikan Bantuan Tali Rambat Panggilar Udang Kepada 15 Nelayan

Katingan.lintasone.com - Untuk lebih meningkatkan pendapatan dan hasil tangkapan warga yang berprofesi sebagai nelayan sungai di Desa Karuing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU)   membantu warga desa setempat dengan memberikan bantuan berupa tali rambat panggilar udang.

"Ada 15 kepala keluarga (KK) warga Desa Karuing yang menerima bantuan tersebut melalui Program Special Project Tali Rambat Panggilar Udang dari PT.RMU tahun 2021", kata Heru Purwanto Co PMDH PT.Rimba  Makmur (PT.RMU) Pendamping Desa Karuing, Desa Parupuk dan Desa Jahanjang kepada lintasone.com, Sabtu (12/03/2022).

Program ini dilaksanakan diluar perjanjian kesepakatan kerjasama (PKK) antara Desa Karuing dan PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) dan program ini adalah program yang diperuntukkan untuk masyarakat langsung terkait pemberdayaan guna meningkatan perekonomian warga.

"Setiap kepala keluarga (KK) yang mendapatkan manfaat ini akan menerima 20 kilogram tali rambat panggilar udang tersebut, sedangkan untuk kerangka, paku dan peralatan lainnya disiapkan sendiri oleh warga penerima, agar supaya alat tangkap ikan udang ini bisa mendapatkan hasil tangkapan yang banyak, kami berharap warga juga dapat menambah tali rambat panggilar udang ini minimal 10 kilogram lagi secara swadaya, sehingga totalnya ada 30 kilogram", jelas Heru.

"Jenis ikan tangkapan ada banyak namun tergantung musim, kami mengarahkan alat tangkap ikan udang ini karena disini harganya cukup mahal, untuk udang besar atau udang galah harganya bisa mencapai Rp.100 ribu perkilogramnya sedangkan untuk udang yang agak kecil sekitar Rp.75 ribu perkilogramnya", terangnya.

"Apabila pendapatan dan perekonomian warga desa meningkat, maka kami berharap akan dapat mengurangi aktivitas warga yang bisa merusak lingkungan seperti illegal fishing dengan cara menyetrum ikan termasuk melakukan illegal logging atau pembalakan liar, jadi kami berharap dengan bantuan ini warga dapat mengalihkan mata pencahariannya yang lebih ramah lingkungan", ucap Heru.

Salah seorang penerima manfaat tali rambat panggilar udang ini Ahmad Jalman warga Desa Karuing mengatakan bantuan dari PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) ini sangat meringankan beban masyarakat di saat sulit seperti masa pandemi ini, karena tali rambat tersebut harganya cukup mahal dipasaran.

"Potensi perikanan sungai di wilayah kami masih cukup banyak pada saat musim ikan, kalau hasilnya banyak bisa dijual dan kalau hasilnya sedikit hanya untuk dikonsumsi sendiri", kata Ahmad Jalman.

Menurutnya, alat tangkap ikan dan udang tersebut akan dipasangnya di sungai kecil, yang besar berukuran lebar 120 cm tinggi 90 cm panjang 140 cm, dan yang kecil berukuran lebar 90 cm tinggi 60 cm panjang 120 cm.

Ada 40 alat tangkap ukuran besar dan kecil miliknya yang akan disebarkan di sungai.

"Apabila musim ikan perharinya kami bisa mendapatkan sekitar 50 hingga 100 kilogram, dengan jenis ikan seperti Biawan, Toman atau Kerandang, Tapah, Baung, Lais serta Udang", tandasnya.
(Tomi).

0 Response to "PT.Rimba Makmur Utama Berikan Bantuan Tali Rambat Panggilar Udang Kepada 15 Nelayan"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel