-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Setelah Bentuk Permata, Forum Sila Emas Jember Akan Bentuk Berlian

Jember, lintasone.com - Jagongan dan buka puasa  bersama Forum Sila Emas (Silaturahmi Antar Agama dan Elemen Masyarakat ) di hadiri tokoh agama, aliran kepercayaan,  Muspika Patrang, instansi terkait dan  elemen masyarakat di Ponpes LDII  Patrang, Rabu (13/4/2022) .

"Semua hadir, Pendeta dari Kristen ada  GKJW Jember, GKJW Rejoagung, HKBP. Pendeta Katolik dari Paroki HTSBM Sempusari, Musyawaran Antar Gereja, Aliran Kepercayaan Sapto Darmo, dari tokoh Budha, Hindu kecuali Konghucu. Dari pemerintah, Danramil Patrang,  Kapolsek Patrang, Bakesbangpol, DP3AKB." Terang Ignatius Sumarwiyadi, Ketua Forum Sila Emas Jember.

Selain itu, acara ini juga di hadiri H.A. Halim, Wakil Ketua DPRD Jember yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jember , Forum Anak Jember  ( FAJ ) binaan DP3AKB ( Dinas Pemeberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencaba) Jember dan dari  Yalidi ( Yayasan Lingkungan Hidup Adiguns) Care Jember."Memang  ini menjadi komitmen  kami bahwa masalah yang paling sensitif  di tengah masyarakat ,  isu-isu agama. Meskipun sebetulnya kalau kita murni menjalankan agama kita masing-masing kan semuanya tidak akan pernah ada masalah." Paparnya.

Lebih lanjut,  Karena kita meyakini setiap agama itu mengajarkan nilai-nilai kebenaran , nilai-nilai keutamaan , kedamaian , kerukunan."Sila Emas merasa perlu  dimungkinkan, kita memang tidak akan memaksakan karena beragama itu paling tidak ada 3 cluster  " ungkapnya.
Secara rinci Marwi menjelaskan cluster, mulai cluster  ortudoksi, ortholatria dan otopharsia.

Pihaknya, tidak ingin  terjebak pada hal yang bersifat  sempit.  Maka Sila Emas    yang dikerjakan adalah bagaimana kita mulai melibatkan anak muda , remaja , pemuda untuk ikut bersama-sama. "Ternyata hidup bersama di tengah perbedaan agama  itu begini ,  beberapa  bulan yang lalu kami menyelenggarakan satu hal praktis  yang  kita lakukan yaitu mengadakan kemah  kebangsaan pemuda lintas agama. Kemudian kita juga menyadari  peran perempuan yang  selama ini mungkin kalau berbicara soal-soal pembahasan seakan-akan itu domainnya  kaum laki-laki,  kita tidak mau terjebak  itu maka perempuan kita libatkan .
"Akhir tahun kemarin kita membentuk  perempuan antar agama atau Permata. Ini bagian  dari link up nya Sila Emas.  Nanti ini yang sedang ada dalam gagasan kami , kita akan membentuk lingkup  kerja yang khusus mengurusi lansia, Berlian yaitu Bersaudara Lintas Iman,  anggotanya para lansia dari  usia 60 ke atas. Ini segmen kegiatannya tentu  beda dengan yang masig  anak- anak muda dan perempuan. Hal - hal semacam ini yang akan kami kerjakan dan diupayakan agar menyebarkan kerja kebaikan agar menyentuh pada semua lapisan masyarakat." Pungkasnya.

Pada tempat terpisah HA.Halim sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk cipta kondisi "Ini wajib di support dalam rangka cipta kondisi, kerukunan beragama dan semua komunitas. " ujarnya.
( herry)

0 Response to "Setelah Bentuk Permata, Forum Sila Emas Jember Akan Bentuk Berlian"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel