-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Gelar Latihan Posko II Karhutla Tahun 2022, PT.RMU Bangun Integrasi Dengan Seluruh Pemangku Kepentingan

Kotim, lintasone.com - Menghadapi ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) disaat musim kemarau, PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) menggelar kegiatan Latihan Posko II Karhutla Tahun 2022. Latihan yang dilaksanakan ini merupakan sebuah bentuk persiapan, baik secara organisasi, sistem serta peralatan.

Kegiatan ini sudah dilakukan oleh PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) dari tahun 2017 secara internal.

"Sudah 6 kali kita selenggarakan setiap tahun, baik secara internal maupun dengan difasilitasi oleh pihak luar, setiap tahun pasti selalu mendapatkan ilmu baru", kata Herwin Herkuni selaku Pelaksana Lapangan Latihan PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU), Minggu (15/05/2022).

Hal senada juga disampaikan oleh Meyner Nusalawo Manajer Perlindungan dan Monitoring Kawasan PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU).

"Latihan Posko ini dilaksanakan dalam rangka memastikan kesiapan PT. Rimba Makmur Utama bersama masyarakat dan stakeholder yang ada untuk menghadapi ancaman Karhutla di hutan rawa gambut", ucap Meyner.

Kegiatan yang dilaksanakan tahun 2022 ini dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. 

Pertama pada bulan Februari 2022, Latihan Posko I Karhutla berupa uji teknis dan prosedur dengan menggunakan metode TFG (Tactical  Floors Game).

Kedua pada tanggal 10 hingga 15 Mei 2022, berupa Latihan Posko II Karhutla ditingkat lapangan yang diselenggarakan langsung di Hutan Rawa Gambut Katingan Mentaya bekerjasama dengan Korem 102 Panju Panjung sebagai fasilitator dan pelatih kegiatan. 

Dengan mengusung tema "Integrasi Kerja Bersama Menuju Zero Fire" hal tersebut dimaksudkan adalah dalam rangka membangun sinergitas kekuatan unsur pentahelix, yaitu unsur-unsur pemerintah, akademisi, media, pelaku usaha serta masyarakat komunitas yang terlibat untuk bersama terintegrasi menyatukan pemahaman dan langkah menghadapi ancaman karhutla.

Para pemateri yang juga memberikan masukan kepada seluruh peserta kegiatan ini antara lain dari Polres Katingan, PMI Kotim, Dinkes kotim, BMKG Kantor Sampit serta Damkar Kotim yang didampingi oleh para Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah hukum dan teritorial Kawasan Binaan PT.Rimba Makmur Utama (PT. RMU). 

Turut terlibat langsung dalam kegiatan ini, BPBD Kotim dan Manggala Agni Daops III Kalimantan Pos Kerja Sampit yang hadir dari awal hingga akhir kegiatan di medan latihan dalam rangka turut serta memberi masukan dan meninjau langsung seluruh proses kegiatan yang ada, termasuk juga dengan kehadiran Tagana Kotim dan RAPI wilayah 02 Kotim sebagai Mitra Kebencanaan.

Dalam sesi pembukaan secara virtual, CEO PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) Dharsono Hartono menyampaikan nilai-nilai latihan ini antara lain, pencegahan dan penanganan Karhutla adalah kegiatan prioritas PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) tanpa membeda-bedakan bidang pekerjaan.

Harapannya seluruh peserta staf PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) akan memiliki satu pemahaman yang sama, sensitifitas, tanggungjawab, disiplin serta inisiatif dalam tugas. 

"Dengan harapan tahun ini dan kedepan kita tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan khususnya di hutan rawa gambut", kata Dharsono.
(Tomi).

0 Response to "Gelar Latihan Posko II Karhutla Tahun 2022, PT.RMU Bangun Integrasi Dengan Seluruh Pemangku Kepentingan"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel