-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Penutupan Pelatihan Ketrampilan Kerja Program DBHCHT Tahun 2022 di UPT. BLK Jember

Jember, lintasone.com -  Penutupan Pelatihan Ketrampilan Kerja bagi pencari kerja,  Program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( DBHCHT) Tahun 2022  di UPT. BLK  Jember  secara resmi di tutup oleh  Sutrisno, Spd, MM Kepala  UPT. BLK Jember didampingi  Mochammmad Yazid, Sekretaris APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia)  Jatim yang juga Ketua APTI Bondowoso dan Ketua Bidang Organisasi APTI Pusat, Selasa (11/10/2022). 

Program pelatihan ketrampilan kerja ini berlangsung sekitar 1 bulan.
"Kegiatan program pelatihan yang difasilitasi anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Program  Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, saat ini untuk termin kedua. Penyelenggaraan penutupan pelatihan ini ada 8 paket ketrampilan kerja, yaitu   menjahit,  furniture, servis sepeda motor injeksi, las listrik 3 G,  mesin produksi , prosesing, Administrasi Perkantoran dan desain grafis. Ada 8 paket kejuruan satu paketnya 16 orang jadi kalau 8 paket ada 128 orang peserta." Terang Sutrisno.
 
Lebih lanjut,  jadi dalam penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi ini sesuai dengan acuan penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi yang menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau SKKNI. "Setelah pelatihan ini,  dilanjutkan dengan uji kompetensi. Cuma ada dua yang belum berkesempatan untuk mengikuti uji kompetensi . Jadi uji kompetensinya itu dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau LSP. "Ujarnya.

Menurut Sutrisno,  dari 8 paket kejuruan , uji kompetensi yang bisa dilaksanakan adalah 6 paket kejuruan. Kenapa karena yang 2 kejuruan itu masih  belum ada skemanya dari Lembaga Sertifikasi Profesi .
Kalau uji kompetensi itu, tegas Sutrisno,   pelatihannya mendapatkan sertifikat pelatihan berbasis kompetensi tapi kalau uji kompetensinya itu mendapatkan sertifikasi kompetensi dari  Lembaga Sertifikasi Profesi ( LSP) "Jadi  dapat 2 sertifikat, yaitu sertifikat  pelatihan dan sertifikat uji  kompetensi ." Imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Sutrisno, mengajak kepada masyarakat,  ini sebagai kesempatan baik  bagi masyarakat bila belum mengikuti program pelatihan yang dilaksanakan di UPT.  Balai Latihan Kerja Jember atau mungkin juga UPT. Balai Latihan  Kerja di tempat lain,  berkesempatan untuk ikut pelatihan di manapun berada,  baik di BLK Jember, Surabaya,  Jombang dan seterusnya karena disini  ada 16 UPT Balai Latihan Kerja yang penyelenggaraan pelatihannya sama seperti yang dilaksanakan di sini.  Disini  ada 16 UPT.  Balai Latihan Kerja, 17 UPT yang satunya UPT khusus untuk bidang pertanian di Wonojati Malang.
 "Dalam penyelenggaraan  pelatihan ini , bagi teman-teman , masyarakat yang punya potensi, bila ada kesempatan informasi untuk penyelenggaraan pelatihan seperti ini, silakan  hadir di BLK,  melihat medsosnya BLK untuk mengikuti pelatihan, bagi  yang belum-belum, ini berkesempatan untuk menggali potensinya supaya  memiliki legalitas kompetensi baik dari sertifikat pelatihan atau sertifikat kompetensi.  Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi  peserta yang sudah alumni pelatihan ini untuk wirausaha atau masuk ke dunia kerja,  baik industri,  instansi di manapun kualitas jabatan dibutuhkan." Pungkasnya.

Salah satu peserta, Mohammad Abdul Wafi dari Bondowoso,  senang dan mengapresiasi dengan adanya pelatihan ini. "Dari pelatihan ini, dapat ilmu, pengalaman dan teman baru." Ujarnya.

Kedepan, dirinya akan melanjutkan bakat dan hasil pelatihan ini, yaitu bidang prosesing.B"Saya suka bidang prosesing seperti tata boga. Planingnya, nanti mau buka usaha sendiri." Pungkasnya. (Herry).

0 Response to "Penutupan Pelatihan Ketrampilan Kerja Program DBHCHT Tahun 2022 di UPT. BLK Jember"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel