-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Ke-1095, Pemkab Pasuruan Mengukir Sejarah Percaturan

Pasuruan, lintasone.com - Menyambut hari jadi Kabupaten Pasuruan ke 1095 tahun yang jatuh pada 18 September 2024 mendatang, bersama  dengan Aliansi Jurnalis Pasuruan Bersatu (AJPB), Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengukir diri dalam sejarah percaturan di Jawa Timur.

Pemerintah kabupaten Pasuruan bekerjasama dengan club catur Kuda Perkasa Bangil, Pengcab Percasi Kab.Pasuruan, KONI Kab.Pasuruan, pabrik rokok RMS Gempol, Rizky Motorspot menggelar turnamen catur tingkat nasional yang digelar di GOR Sasana Krida Anoraga Komplek Kantoran Pemkab Pasuruan-Raci-Bangil.

Turnamen catur yang bertajuk "Open Chess Master Turnamen- Piala Bupati Pasuruan" tersebut diikuti 450 atlit catur dari seluruh Indonesia, bahkan ada pecatur dari Vietnam,Brunai,Singapura dan Uzbekistan.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Director Tournamen,Henry Ki Demang yang juga ketua Aliansi Jurnalis Pasuruan Bersatu (AJPB) menegaskan "bahwa turnamen yang memperebutkan hadiah total Rp.100 juta lebih ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah di Pasuruan Raya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya,"tegasnya.

"seperti yang telah diketahui bersama, pada event yang diikuti oleh 450orang ini.Setidaknya ada sekitar 150 atlit catur dengan gelar MP(Master Percasi),MN(Master Nasional),FM(Fide Master) dan IM (Internasional Master).Selain itu ke 450 peserta tersebut terbagi menjadi 4 kategori yakni Class Open,Class The Best Kabupaten,Junior U-16 dan Junior U-16.Seperti yang telah disampaikan oleh Ketua Harian Percasi Pengprov Jatim,bahwa turnamen besar yang diselenggarakan ini adalah berkelas dengan peringkat bintang 5,lantaran hadianya lebih dari Rp.100juta,"ujar Ki Demang sapaan pria plontos yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Aliansi Jurnalis Pasuruan Bersatu.

Lain halnya yang dilontarkan oleh Rahayu Sulistyowati Ketua Pengcab Percasi Kab.Pasuruan," kami patut berbangga dengan adanya event ini. Hal ini menunjukan adanya perhatian dari Pemkab Pasuruan akan olah raga asah otak dan strategi ini. Perlu diketahui saat ini Pencab Percasi Kab.Pasuruan telah berhasil membawa pulang 2 medali yakni perak dan perunggu pada Porprov di Jember beberapa waktu lalu. Kedepannya kami Pengcab Percasi Kab.Pasuruan akan terus berupaya mencetak atlit catur yang bisa berbicara pada tingkat nasional maupun internasional,khususnya pada pembinaan atlit junior,"tandas petani duren sukses asal Kecamatan Lumbang ini.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Pasuruan Dr.Andriyanto,SH.M.Kes pada saat selesai memberikan hadiah utama pada class open(umum), mengatakan," atas nama Pemkab Pasuruan kami apresiatif dengan kinerja mas Henry selaku Director Turnamen dan Ibu Sulis Ketua Pengcab Percasi Kab.Pasuruan yang telah berhasil mencatatkan sejarah turnamen catur dibumi sakera (Kab.Pasuruan),"terangnya.

"telah juga terjadi "tsunami' pada gelaran turnamen catur kali ini. Dimana para pemilik gelar MN,FM dan IM. Seperti IM Nayaka Budi Dharma, IM Moh Ervan, IM Dede Lioe yang digadang-gadang menempati peringkat teratas harus rela menempati peringkat 3,5 dan 9 setelah harus mengakui ketangguhan atlit catur dibawahnya.Ketangguhan Dzithauly Ramadhan (Dhito) atlit proyeksi PON Jatim asal Sidoarjo berhasil menyabet juara 1 pada class open dengan hadiah uang pembinaan Rp.20juta.Hal ini membuktikan bahwa pembinaan atlit muda perlu diperhatikan. Pengcab Percasi Kab.Pasuruan harus bisa mencetak atlit catur yang bisa menunjukan prestasinya baik pada even lokal, nasional dan internasional. 

Satu hal lagi,kami akan memberikan usulan pada Bupati Pasuruan 2024-2029 mendatang agar even ini dapat dijadikan sebagai event tetap pada setiap tahunnya,"pungkas Pj Bupati Pasuruan.

Berikut daftar 3 besar Open Chess Master Tournamen

Class Open(umum)
1. Dzithauly Ramadhan(Dhito) Jatim 
2. Arifa Rizky Perwiratama-Bandung
3. Nayaka Budi Dharma - Jatim

Class Junior U-16
1. Pratama Kevin Aurick-Malang
2. Andra Wijaya-Blitar
3. Micheal Angelo-Sidoarjo

Class Junior U-12
1. Narayana Mulya -Probolinggo
2. Fitsal Aswa - Sidoarjo
3. Wildan Bagus Rahmanda-Malang.

Selama perlombaan berjalan lancar aman tertib dan kondusif.(Red).

0 Response to "Menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Ke-1095, Pemkab Pasuruan Mengukir Sejarah Percaturan"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Dirgahayu RI Ke-79

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-79

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel